Anugerah Terindah

RSS

Rabu, 13 April 2011

Merancang Visi dan Misi Dakwah Kampus


Visi dan Misi Dakwah Kampus

Sebuah organisasi yang bertujuan besar, tentu memiliki visi dan misi yang besar. Itu tidak lain sebagai perangkat dan pemicu pergerakan dakwah kampus yang akan dirintis, dijalankan atau tengah berkembang pesat. Visi dan Misi harus di buat berdasarkan bukan pada pandangan sesaat terhadap kejadian saat itu, namun visi dan misi itu merupakan perjuangan dakwah di kampus yang akan di lakukan.

Membuat Visi

Sebelum kita melangkah membuat visi dakwah kampus, mari kita dudukan dahulu pengertian visi itu. Menurut kamus online wikipedia, Kata visi berasal dari kata vision dari Bahasa Inggris yang dapat diterjemahkan sebagai pandangan jauh ke depan. Visi sebuah organisasi adalah pandangan umum dari cita-cita yang ingin diwujudkan oleh organisasi tersebut. Sedangkan dalam kamus besar bahasa Indonesia dapat dirumuskan sebagai berikut:

visi : 1. kemampuan untuk melihat pada inti persoalan;

2. pandangan atau wawasan ke depan: seluruh rakyat mempunyai -- yang sama mengenai perjuangan bangsa;

3. kemampuan untuk merasakan sesuatu yg tidak tampak melalui kehalusan jiwa dan ketajaman penglihatan;

4. apa yg tampak dalam khayalan;

5. penglihatan; pengamatan”

Dari pengertian di atas dapat kita simpulkan bahwa Visi merupakan gagasan jauh ke depan yang akan diwujudkan atau di cita-citakan oleh badan dakwah kampus yang ada.

Langkah-Langkah penting membuat Visi Dakwah Kampus.

  1. Kumpulkan bersama-sama orang-orang yang mempunyai gagasan mulia terhadap dakwah kampus, kemudian galilah tujuan apa yang ingin di capai kedepannya dalam kehidupan dakwah kampus.
  2. Lakukan pula pengumpulan kalimat-kalimat visi dan setiap kalimat yang diberikan haruslah ada rujukan dasarnya atau alas an kenapa mengambil visi tersebut
  3. Musyawarahkan secara bersama-sama dan rangkai kalimat tersebut sesuai kesepakatan bersama.

Visi yang baik adalah visi yang mampu mengikat, mengkuatkan dan meningkatkan keorganisasian. Visi itu pula harus mampu pula bertahan dan dikembangkan selalu agar tidak seringkali berubah amandemen kalimat visinya.

Contoh-contoh kalimat visi:

  1. Meretas menuju pusat aktivitas kehidupan kampus yang mandiri, bertanggung jawab dan menjadikan Islam sebagai tujuan perjuangan.
  2. Melanjutkan Kehidupan Islam dan Menjadikan Lembaga Dakwah Kampus sebagai pusat peradaban

Membuat Misi

Apakah itu misi ? Sesuai dengan kamus wikipedia online dirumuskan bahwa misi adalah

  1. perutusan yang dikirimkan oleh suatu negara ke negara lain untuk melakukan tugas khusus dalam bidang diplomatik, politik, perdagangan, kesenian, dan sebagainya
  2. tugas yang dirasakan orang sebagai suatu kewajiban untuk melakukannya demi agama, ideologi, patriotisme, dan sebagainya

Sedangkan dalam kamus besar bahasa Indonesia

“Misi = perutusan yg dikirimkan oleh suatu negara ke negara lain untuk melakukan tugas khusus dl bidang diplomatik, politik, perdagangan, kesenian, dsb: -- perdagangan kita akan mengadakan kunjungan ke luar negeri; 2 tugas yg dirasakan orang sbg suatu kewajiban untuk melakukannya demi agama, ideologi, patriotisme, dsb;”Merupakan penjabaran dari visi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar